Animasi adalah sekumpulan gambar yang dibuat agar menghasilkan sebuah gambar bergerak. Gambar tersebut disusun secara teratur agar mengikuti pergerakan dari gambar-gambar sebelumnya. Dalam 1 detik, biasanya membutuhkan 5 gambar untuk menghasilkan gambar bergerak yang jernih.
engertian animasi 2D adalah sebuah karya gambar bergerak yang memakai lingkungan dua dimensi. Setiap gambar ini memiliki urutannya tersendiri yang akhirnya membuat frame berlatar dua dimensi. Animasi 2D terdiri dari dua jenis:
1. Animasi Cel
Animasi cel diabil dari kata celluloid, yaitu bahan utama pembuatan animasi pada awal-awal tahun munculnya animasi. Animasi jenis ini merupakan gambar-gambar yang membantuk sebuah objek tunggal.
Setiap cel atau gambar ini memiliki objek yang terpisah-pisah, tapi tetap memakai satu latar belakang. Jadi, ketika gambar-gambar ini diputar secara bersamaan akan membuat sebuah animasi yang utuh.
2. Animasi Path
Animasi path merupakan animasi dari objek yang hanya memiliki gerakan mengikuti suatu garis yang telah ditentukan. Contoh dari animasi macam ini adalah animasi dengan objek sebuah kereta api yang bergerak hanya mengikuti lintasan relnya.
Biasanya dalam sebuah animasi path akan diberi ulangan animasi, sehingga animasi akan terus berulang-ulang sampai kondisi tertentu. Animasi jenis ini dihasilkan dengan cara teknik animasi path, yaitu teknik yang menggunakan layernya sendiri dan digambarkan menjadi suatu lintasan gerak objek.
Contoh Animasi 2 Dimensi :
- Gravity Falls
- Tsubasa
- Scobby doo By Doo
- Spongebob
- Onepiece
- Naruto
- Adventure Time
Prinsip 2D
A. Squash & Stretch
Squash and strecth adalah upaya penambahan efek lentur (plastis) pada objek atau figur sehingga seolah-olah ‘memuai’ atau ‘menyusut’ sehingga memberikan efek gerak yang lebih hidup.
B. Anticipation
Anticipation boleh juga dianggap sebagai persiapan/awalan gerak atau ancang-ancang.
Stagging
C. Staging dalam animasi meliputi bagaimana ‘lingkungan’ dibuat untuk mendukung suasana atau ‘mood’ yang ingin dicapai dalam sebagian atau keseluruhan scene.
D. Straight Ahead Action and Pose to Pose
Dari sisi resource dan pengerjaan, ada dua cara yang bisa dilakukan untuk membuat animasi
E. Pose to Pose
Pose to Pose, yaitu pembuatan animasi oleh seorang animator dengan cara menggambar hanya pada keyframe-keyframe tertentu saja, selanjutnya in-between atau interval antar keyframe digambar/dilanjutkan oleh asisten/animator lain.
F. Follow Through and Overlapping Action
Follow through adalah tentang bagian tubuh tertentu yang tetap bergerak meskipun seseorang telah berhenti bergerak.
G. Slow In and Slow Out
Slow In dan Slow Out menegaskan bahwa setiap gerakan memiliki percepatan dan perlambatan yang berbeda-beda. Slow in terjadi jika sebuah gerakan diawali secara lambat kemudian menjadi cepat. Slow out terjadi jika sebuah gerakan yang relatif cepat kemudian melambat.
H. Arcs
Pada animasi, sistem pergerakan tubuh pada manusia, binatang, atau makhluk hidup lainnya bergerak mengikuti pola/jalur (maya) yang disebut Arcs.
I. Secondary Action
Secondary action adalah gerakan-gerakan tambahan yang dimaksudkan untuk memperkuat gerakan utama supaya sebuah animasi tampak lebih realistik.
J. Timing & Spacing
Timing adalah tentang menentukan waktu kapan sebuah gerakan harus dilakukan, sementara spacing adalah tentang menentukan percepatan dan perlambatan dari bermacam-macam jenis gerak.
K. Exaggeration
Exaggeration merupakan upaya mendramatisir animasi dalam bentuk rekayasagambar yang bersifat hiperbolis.
Tweening
Tweening adalah proses membuat sebuah animasi pergerakan dengan cara memberikan perubahan pada bentuk atau posisi objek dengan menentukan keyframe awal dan akhir sehingga dapat terbentuk frame-frame baru. Fungsi utama tweening adalah untuk menggerakkan objek dari satu titik ke titik lainnya.
Animasi motion tween digunakan apabila kita ingin membuat gerakan animasi yang teratur. Animasi ini sangat mengurangi waktu karena kita tidak perlu membuat animasi secara frame
ShortCut
ArrowV
Sub SelectA
LassoL
LineN
PenP
Add Anchor Point=
Delete Anchor Point-
Convert Anchor PointC
TextT
OvalO
RectangleR
Oval PrimitiveO
Rectangle PrimitiveR
PencilY
BrushB
Ink BottleS
Paint BucketK
DropperI
EraserE
HandH
MagnifierZ
Free TransformQ
Fill TransformF
Object DrawingJ
3D Translation ToolG
3D Rotation ToolW
Global TransformD
Deco ToolU
Spray BrushB
Bone ToolM
Bind ToolM
Debug Movie Commands
File
New...Ctrl+N
Open...Ctrl+O
Browse in BridgeCtrl+Alt+O
CloseCtrl+W
Close AllCtrl+Alt+W
ExitCtrl+Q
Edit
CopyCtrl+C
Select AllCtrl+A
Find...Ctrl+F
Find AgainF3
Go to Line...Ctrl+G
Preferences...Ctrl+U
Keyboard Shortcuts...
View
Hidden CharactersCtrl+Shift+8
Word WrapCtrl+Shift+W
Hide PanelsF4
Debug
ContinueAlt+F5
End Debug SessionAlt+F12
Step InAlt+F6
Step OverAlt+F7
Step OutAlt+F8
Toggle BreakpointCtrl+B
Remove All BreakpointsCtrl+Shift+B
Begin Remote Debug Session
ActionScript 3.0
ActionScript 2.0
Window
Toolbars
Main
Controller
Edit Bar
TimelineCtrl+Alt+T
ToolsCtrl+F2
PropertiesCtrl+F3
LibraryCtrl+L, F11
Common Libraries
Buttons
Classes
Sounds
Motion Presets
ProjectShift+F8
Toolkit for CreateJSShift+F9
ActionsF9
Code Snippets
BehaviorsShift+F3
Compiler ErrorsAlt+F2
Debug Panels
Debug Console
Variables
ActionScript 2.0 DebuggerShift+F4
Movie ExplorerAlt+F3
OutputF2
AlignCtrl+K
ColorAlt+Shift+F9
InfoCtrl+I
SwatchesCtrl+F9
TransformCtrl+T
ComponentsCtrl+F7
Component InspectorShift+F7
Other Panels
AccessibilityAlt+Shift+F11
HistoryCtrl+F10
SceneShift+F2
StringsCtrl+F11
Web ServicesCtrl+Shift+F10
File
New...Ctrl+N
Open...Ctrl+O
Browse in BridgeCtrl+Alt+O
CloseCtrl+W
Close AllCtrl+Alt+W
SaveCtrl+S
Save As...Ctrl+Shift+S
Save as Template...
Check In...
Save All
Revert
Import
Import to Stage...Ctrl+R
Import to Library...
Open External Library...Ctrl+Shift+O
Import Video...
Export
Export Image...
Export Selection...
Export Movie...Ctrl+Alt+Shift+S
Export Document...
Publish Settings...Ctrl+Shift+F12
Publish Preview
DefaultF12, Ctrl+F12
Flash
HTML
GIF
JPEG
PNG
Projector
PublishAlt+Shift+F12
AIR Settings...
ActionScript Settings...
File Info...
Page Setup...
Print...Ctrl+P
Send...
ExitCtrl+Q
Edit
UndoCtrl+Z
RedoCtrl+Y
CutCtrl+X
CopyCtrl+C
Paste in CenterCtrl+V
Paste in PlaceCtrl+Shift+V
Paste Special...
ClearBackspace, Clear, Delete
DuplicateCtrl+D
Select AllCtrl+A
Deselect AllCtrl+Shift+A
Find and ReplaceCtrl+F
Find NextF3
Timeline
Remove FramesShift+F5
Cut FramesCtrl+Alt+X
Copy FramesCtrl+Alt+C
Paste FramesCtrl+Alt+V
Clear FramesAlt+Backspace
Select All FramesCtrl+Alt+A
Cut Layers
Copy Layers
Paste Layers
Duplicate Layers
Copy Motion
Copy Motion as ActionScript 3.0...
Paste Motion
Paste Motion Special...
Edit SymbolsCtrl+E
Edit Selected
Edit in Place
Edit All
Preferences...Ctrl+U
Customize Tools Panel...
Font Mapping...
Keyboard Shortcuts...
View
Go to
FirstHome
PreviousPage Up
NextPage Down
LastEnd
Zoom InCtrl+=
Zoom OutCtrl+-
Magnification
Fit in Window
25%
50%
100%Ctrl+1
200%
400%Ctrl+4
800%Ctrl+8
Show FrameCtrl+2
Show AllCtrl+3
Preview Mode
OutlinesCtrl+Alt+Shift+O
FastCtrl+Alt+Shift+F
Anti-AliasCtrl+Alt+Shift+A
Anti-Alias TextCtrl+Alt+Shift+T
Full
PasteboardCtrl+Shift+W
RulersCtrl+Alt+Shift+R
Grid
Show GridCtrl+'
Edit Grid...Ctrl+Alt+G
Guides
Show GuidesCtrl+;
Lock GuidesCtrl+Alt+;
Edit Guides...Ctrl+Alt+Shift+G
Clear Guides
Snapping
Snap Align
Snap to GridCtrl+Shift+'
Snap to GuidesCtrl+Shift+;
Snap to Pixels
Snap to ObjectsCtrl+Shift+/
Edit Snapping...Ctrl+/
Hide EdgesCtrl+H
Show Shape HintsCtrl+Alt+H
Show Tab Order
Insert
New Symbol...Ctrl+F8
Motion Tween
Shape Tween
Classic Tween
Timeline
Layer
Layer Folder
FrameF5
Keyframe
Blank Keyframe
Scene
Modify
Document...Ctrl+J
Convert to Symbol...F8
Convert to Bitmap
Break ApartCtrl+B
Bitmap
Swap Bitmap...
Trace Bitmap...
Symbol
Swap Symbol...
Duplicate Symbol...
Shape
Smooth
Straighten
Advanced Smooth...Ctrl+Alt+Shift+M
Advanced Straighten...Ctrl+Alt+Shift+N
Optimize...Ctrl+Alt+Shift+C
Convert Lines to Fills
Expand Fill...
Soften Fill Edges...
Add Shape HintCtrl+Shift+H
Remove All Hints
Combine Objects
Delete Envelope
Union
Intersect
Punch
Crop
Timeline
Distribute to LayersCtrl+Shift+D
Layer Properties...
Reverse Frames
Synchronize Symbols
Convert to KeyframesF6
Clear KeyframeShift+F6
Convert to Blank KeyframesF7
Split Motion
Join Motions
Transform
Free Transform
Distort
Envelope
Scale
Rotate and Skew
Scale and Rotate...Ctrl+Alt+S
Rotate 90° CWCtrl+Shift+9
Rotate 90° CCWCtrl+Shift+7
Flip Vertical
Flip Horizontal
Remove TransformCtrl+Shift+Z
Arrange
Bring to FrontCtrl+Shift+Up
Bring ForwardCtrl+Up
Send BackwardCtrl+Down
Send to BackCtrl+Shift+Down
LockCtrl+Alt+L
Unlock AllCtrl+Alt+Shift+L
Align
LeftCtrl+Alt+1
Horizontal CenterCtrl+Alt+2
RightCtrl+Alt+3
TopCtrl+Alt+4
Vertical CenterCtrl+Alt+5
BottomCtrl+Alt+6
Distribute WidthsCtrl+Alt+7
Distribute HeightsCtrl+Alt+9
Make Same WidthCtrl+Alt+Shift+7
Make Same HeightCtrl+Alt+Shift+9
Align to StageCtrl+Alt+8
GroupCtrl+G
UngroupCtrl+Shift+G
Text
Style
BoldCtrl+Shift+B
ItalicCtrl+Shift+I
Faux Bold
Faux Italic
Subscript
Superscript
Align
Align LeftCtrl+Shift+L
Align CenterCtrl+Shift+C
Align RightCtrl+Shift+R
JustifyCtrl+Shift+J
Letter Spacing
IncreaseCtrl+Alt+Right
DecreaseCtrl+Alt+Left
ResetCtrl+Alt+Up
Scrollable
Check Spelling...
Spelling Setup...
Font Embedding...
TLF Tab RulerCtrl+Shift+T
Ringkasan Materi Animasi 3 Dimensi
Animasi 3d adalah salah satu Kompetensi Dasar dari matapelajaran Tehnik Animasi dimana memiliki arti sebuah gambar yang bergerak yang menjadi sebuah video atau film, yang berbentuk 3dimensi yg memiliki panjang, lebar dan tinggi. dari 3 unsur tadi terjadilah bangun, Ruang dan Volume. Didalam sebuah objek 3d pasti ada sebuah koordinat seperti di animasi 2D ada sumbu "x" dan "y". sedangkan dalam animasi 3D ada tambahan satu 1 sumbu lagi yaitu Sumbu "Z". Lalu di atas memeiliki artian tersendiri yaitu
⦁ Sumbu X yaitu mengatur koordinat pada sumbu yang mengarahkan kekanan kiri
⦁ Sumbu Y yaitu mengatur koordinat pada sebuah sumbu yang mengarah kedepan kebelakang
⦁ Dan Sumbu Z yaitu mengatur koordinat pada sebuah sumbu yang mengarah kedepan dan kebelakang.
lalu ada Beberapa istilah di Animasi 3D yaitu :
⦁ Faces adalah permukaan dari setiap objek didalam blender
⦁ Verticles yaitu titik titik dari setiap objek didalam blender
⦁ Edge yaitu garis yg terhubung disetiap objek didalam blender
Aplikasi yang digunakan untuk membuat Animasi 3D yaitu ada 2
1. Blender 3d Foundation yaitu aplikasi membuat objek 3D. Aplikasi ini cukup simpel dan Juga tidak membayar atau gratis. Dengan Kecilnya spek dari app ini dapat digunakan pada komputer low spec (komputer kentang). Aplikasi ini sudah digunakan untuk kejurusan arsitek, otomotif, pembuatan animasi dll
2.3D Studio Max (kadangkala disebut 3ds Max atau hanya MAX) adalah sebuah perangkat lunak grafik vektor 3-dimensi dan animasi, ditulis oleh Autodesk Media & Entertainment (dulunya dikenal sebagai Discreet and Kinetix.
Contoh Animasi 3 Dimensi Shorcut Di Blender
a.
⦁View :
Drag Mouse tengah = Nenutar tampilan dengan dari berbagai sudut pandang
Numpad 4= Camera berputar ke kiri
Numpad 6 = Camera berputar ke kanan
Numpad 8 = Camera berputar ke atas
Numpad 2 = Camera berputar ke bawah
Numpad 1 = Camera Tampilan Depan
Numpad 3 = Camera tampilan Kanan
Numpad 5 = Camera Menjadi Tampilan Prespektif atau Ortho
Numpad 0 = Camera Menjadi Tampilan Render
Ctrl + Numpad 3= Camera Tampilan Kiri
Ctrl + NUmpad 1 = Camera Tampilan Belakang
Object Select :
Klik Kanan= Untuk menyeleksi Objek
Ctrl + Drag Mouse = Untuk menyeleksi garis dengan garis blok tersendiri
A = Select All atau Deselect All
B = Untuk Select Blok atau Border Select
Circle Select = Akan merubah select menjadi bulat seperti Brush
Shift + G = Untuk men groub object
Move Object:
G= Untuk menggeser Objek
G + X = Untuk Menggeser Objek dengan Sumbu X
G + Y = Untuk Menggeser Objek dengan Sumbu Y
G + Z = Untuk Menggeser Objek dengan Sumbu Z
Rotate Object :
R = Untuk Merotasi Sebuah Objek
R + X = Untuk Merotasi dengan Bersumbu di X
R + Y = Untuk Merotasi dengan Bersumbu di Y
R + Z = Untuk Merotasi dengan Bersumbu di Z
Scale Objek :
S = Merubah kuran objek secara proposional
S + X = Merubah kuran objek secara proposional ke arah sumbu X
S + Y = Merubah kuran objek secara proposional ke arah sumbu Y
S + Z = Merubah kuran objek secara proposional ke arah sumbu Z
Shorcut Lain Lain
Tab = Menjadi Edit Mode
Ctrl + R = Loop Cut and Slide
Scroll Mouse ( Saat mode Loop and Cut) = Menambahkan Segment
E = Menambahkan objek dengan gerakan dari sebuah faces
0 Komentar