Ringkasan Materi Animasi 2 Dimensi
Animasi adalah sekumpulan gambar yang dibuat agar menghasilkan sebuah gambar bergerak. Gambar tersebut disusun secara teratur agar mengikuti pergerakan dari gambar-gambar sebelumnya. Dalam 1 detik, biasanya membutuhkan 5 gambar untuk menghasilkan gambar bergerak yang jernih.
Pengertian animasi 2D adalah sebuah karya gambar bergerak yang memakai lingkungan dua dimensi. Setiap gambar ini memiliki urutannya tersendiri yang akhirnya membuat frame berlatar dua dimensi. Animasi 2D terdiri dari dua jenis:
1. Animasi Cel
Animasi cel diabil dari kata celluloid, yaitu bahan utama pembuatan animasi pada awal-awal tahun munculnya animasi. Animasi jenis ini merupakan gambar-gambar yang membantuk sebuah objek tunggal.
Setiap cel atau gambar ini memiliki objek yang terpisah-pisah, tapi tetap memakai satu latar belakang. Jadi, ketika gambar-gambar ini diputar secara bersamaan akan membuat sebuah animasi yang utuh.
2. Animasi Path
Animasi path merupakan animasi dari objek yang hanya memiliki gerakan mengikuti suatu garis yang telah ditentukan. Contoh dari animasi macam ini adalah animasi dengan objek sebuah kereta api yang bergerak hanya mengikuti lintasan relnya.
Biasanya dalam sebuah animasi path akan diberi ulangan animasi, sehingga animasi akan terus berulang-ulang sampai kondisi tertentu. Animasi jenis ini dihasilkan dengan cara teknik animasi path, yaitu teknik yang menggunakan layernya sendiri dan digambarkan menjadi suatu lintasan gerak objek.
Contoh Animasi 2 Dimensi :
- Gravity Falls
- Tsubasa
- Scobby doo By Doo
- Spongebob
- Onepiece
- Naruto
- Adventure Time
Prinsip 2D
A. Squash & Stretch
Squash and strecth adalah upaya penambahan efek lentur (plastis) pada objek atau figur sehingga seolah-olah ‘memuai’ atau ‘menyusut’ sehingga memberikan efek gerak yang lebih hidup.
B. Anticipation
Anticipation boleh juga dianggap sebagai persiapan/awalan gerak atau ancang-ancang.
Stagging
C. Staging dalam animasi meliputi bagaimana ‘lingkungan’ dibuat untuk mendukung suasana atau ‘mood’ yang ingin dicapai dalam sebagian atau keseluruhan scene.
D. Straight Ahead Action and Pose to Pose
Dari sisi resource dan pengerjaan, ada dua cara yang bisa dilakukan untuk membuat animasi
E. Pose to Pose
Pose to Pose, yaitu pembuatan animasi oleh seorang animator dengan cara menggambar hanya pada keyframe-keyframe tertentu saja, selanjutnya in-between atau interval antar keyframe digambar/dilanjutkan oleh asisten/animator lain.
F. Follow Through and Overlapping Action
Follow through adalah tentang bagian tubuh tertentu yang tetap bergerak meskipun seseorang telah berhenti bergerak.
G. Slow In and Slow Out
Slow In dan Slow Out menegaskan bahwa setiap gerakan memiliki percepatan dan perlambatan yang berbeda-beda. Slow in terjadi jika sebuah gerakan diawali secara lambat kemudian menjadi cepat. Slow out terjadi jika sebuah gerakan yang relatif cepat kemudian melambat.
H. Arcs
Pada animasi, sistem pergerakan tubuh pada manusia, binatang, atau makhluk hidup lainnya bergerak mengikuti pola/jalur (maya) yang disebut Arcs.
I. Secondary Action
Secondary action adalah gerakan-gerakan tambahan yang dimaksudkan untuk memperkuat gerakan utama supaya sebuah animasi tampak lebih realistik.
J. Timing & Spacing
Timing adalah tentang menentukan waktu kapan sebuah gerakan harus dilakukan, sementara spacing adalah tentang menentukan percepatan dan perlambatan dari bermacam-macam jenis gerak.
K. Exaggeration
Exaggeration merupakan upaya mendramatisir animasi dalam bentuk rekayasagambar yang bersifat hiperbolis.
Frame
Tweening
Tweening adalah proses membuat sebuah animasi pergerakan dengan cara memberikan perubahan pada bentuk atau posisi objek dengan menentukan keyframe awal dan akhir sehingga dapat terbentuk frame-frame baru. Fungsi utama tweening adalah untuk menggerakkan objek dari satu titik ke titik lainnya.
Animasi motion tween digunakan apabila kita ingin membuat gerakan animasi yang teratur. Animasi ini sangat mengurangi waktu karena kita tidak perlu membuat animasi secara frame
ShortCut
Arrow V
Sub Select A
Lasso L
Line N
Pen P
Add Anchor Point =
Delete Anchor Point -
Convert Anchor Point C
Text T
Oval O
Rectangle R
Oval Primitive O
Rectangle Primitive R
Pencil Y
Brush B
Ink Bottle S
Paint Bucket K
Dropper I
Eraser E
Hand H
Magnifier Z
Free Transform Q
Fill Transform F
Object Drawing J
3D Translation Tool G
3D Rotation Tool W
Global Transform D
Deco Tool U
Spray Brush B
Bone Tool M
Bind Tool M
Debug Movie Commands
File
New... Ctrl+N
Open... Ctrl+O
Browse in Bridge Ctrl+Alt+O
Close Ctrl+W
Close All Ctrl+Alt+W
Exit Ctrl+Q
Edit
Copy Ctrl+C
Select All Ctrl+A
Find... Ctrl+F
Find Again F3
Go to Line... Ctrl+G
Preferences... Ctrl+U
Keyboard Shortcuts...
View
Hidden Characters Ctrl+Shift+8
Word Wrap Ctrl+Shift+W
Hide Panels F4
Debug
Continue Alt+F5
End Debug Session Alt+F12
Step In Alt+F6
Step Over Alt+F7
Step Out Alt+F8
Toggle Breakpoint Ctrl+B
Remove All Breakpoints Ctrl+Shift+B
Begin Remote Debug Session
ActionScript 3.0
ActionScript 2.0
Window
Toolbars
Main
Controller
Edit Bar
Timeline Ctrl+Alt+T
Tools Ctrl+F2
Properties Ctrl+F3
Library Ctrl+L, F11
Common Libraries
Buttons
Classes
Sounds
Motion Presets
Project Shift+F8
Toolkit for CreateJS Shift+F9
Actions F9
Code Snippets
Behaviors Shift+F3
Compiler Errors Alt+F2
Debug Panels
Debug Console
Variables
ActionScript 2.0 Debugger Shift+F4
Movie Explorer Alt+F3
Output F2
Align Ctrl+K
Color Alt+Shift+F9
Info Ctrl+I
Swatches Ctrl+F9
Transform Ctrl+T
Components Ctrl+F7
Component Inspector Shift+F7
Other Panels
Accessibility Alt+Shift+F11
History Ctrl+F10
Scene Shift+F2
Strings Ctrl+F11
Web Services Ctrl+Shift+F10
File
New... Ctrl+N
Open... Ctrl+O
Browse in Bridge Ctrl+Alt+O
Close Ctrl+W
Close All Ctrl+Alt+W
Save Ctrl+S
Save As... Ctrl+Shift+S
Save as Template...
Check In...
Save All
Revert
Import
Import to Stage... Ctrl+R
Import to Library...
Open External Library... Ctrl+Shift+O
Import Video...
Export
Export Image...
Export Selection...
Export Movie... Ctrl+Alt+Shift+S
Export Document...
Publish Settings... Ctrl+Shift+F12
Publish Preview
Default F12, Ctrl+F12
Flash
HTML
GIF
JPEG
PNG
Projector
Publish Alt+Shift+F12
AIR Settings...
ActionScript Settings...
File Info...
Page Setup...
Print... Ctrl+P
Send...
Exit Ctrl+Q
Edit
Undo Ctrl+Z
Redo Ctrl+Y
Cut Ctrl+X
Copy Ctrl+C
Paste in Center Ctrl+V
Paste in Place Ctrl+Shift+V
Paste Special...
Clear Backspace, Clear, Delete
Duplicate Ctrl+D
Select All Ctrl+A
Deselect All Ctrl+Shift+A
Find and Replace Ctrl+F
Find Next F3
Timeline
Remove Frames Shift+F5
Cut Frames Ctrl+Alt+X
Copy Frames Ctrl+Alt+C
Paste Frames Ctrl+Alt+V
Clear Frames Alt+Backspace
Select All Frames Ctrl+Alt+A
Cut Layers
Copy Layers
Paste Layers
Duplicate Layers
Copy Motion
Copy Motion as ActionScript 3.0...
Paste Motion
Paste Motion Special...
Edit Symbols Ctrl+E
Edit Selected
Edit in Place
Edit All
Preferences... Ctrl+U
Customize Tools Panel...
Font Mapping...
Keyboard Shortcuts...
View
Go to
First Home
Previous Page Up
Next Page Down
Last End
Zoom In Ctrl+=
Zoom Out Ctrl+-
Magnification
Fit in Window
25%
50%
100% Ctrl+1
200%
400% Ctrl+4
800% Ctrl+8
Show Frame Ctrl+2
Show All Ctrl+3
Preview Mode
Outlines Ctrl+Alt+Shift+O
Fast Ctrl+Alt+Shift+F
Anti-Alias Ctrl+Alt+Shift+A
Anti-Alias Text Ctrl+Alt+Shift+T
Full
Pasteboard Ctrl+Shift+W
Rulers Ctrl+Alt+Shift+R
Grid
Show Grid Ctrl+'
Edit Grid... Ctrl+Alt+G
Guides
Show Guides Ctrl+;
Lock Guides Ctrl+Alt+;
Edit Guides... Ctrl+Alt+Shift+G
Clear Guides
Snapping
Snap Align
Snap to Grid Ctrl+Shift+'
Snap to Guides Ctrl+Shift+;
Snap to Pixels
Snap to Objects Ctrl+Shift+/
Edit Snapping... Ctrl+/
Hide Edges Ctrl+H
Show Shape Hints Ctrl+Alt+H
Show Tab Order
Insert
New Symbol... Ctrl+F8
Motion Tween
Shape Tween
Classic Tween
Timeline
Layer
Layer Folder
Frame F5
Keyframe
Blank Keyframe
Scene
Modify
Document... Ctrl+J
Convert to Symbol... F8
Convert to Bitmap
Break Apart Ctrl+B
Bitmap
Swap Bitmap...
Trace Bitmap...
Symbol
Swap Symbol...
Duplicate Symbol...
Shape
Smooth
Straighten
Advanced Smooth... Ctrl+Alt+Shift+M
Advanced Straighten... Ctrl+Alt+Shift+N
Optimize... Ctrl+Alt+Shift+C
Convert Lines to Fills
Expand Fill...
Soften Fill Edges...
Add Shape Hint Ctrl+Shift+H
Remove All Hints
Combine Objects
Delete Envelope
Union
Intersect
Punch
Crop
Timeline
Distribute to Layers Ctrl+Shift+D
Layer Properties...
Reverse Frames
Synchronize Symbols
Convert to Keyframes F6
Clear Keyframe Shift+F6
Convert to Blank Keyframes F7
Split Motion
Join Motions
Transform
Free Transform
Distort
Envelope
Scale
Rotate and Skew
Scale and Rotate... Ctrl+Alt+S
Rotate 90° CW Ctrl+Shift+9
Rotate 90° CCW Ctrl+Shift+7
Flip Vertical
Flip Horizontal
Remove Transform Ctrl+Shift+Z
Arrange
Bring to Front Ctrl+Shift+Up
Bring Forward Ctrl+Up
Send Backward Ctrl+Down
Send to Back Ctrl+Shift+Down
Lock Ctrl+Alt+L
Unlock All Ctrl+Alt+Shift+L
Align
Left Ctrl+Alt+1
Horizontal Center Ctrl+Alt+2
Right Ctrl+Alt+3
Top Ctrl+Alt+4
Vertical Center Ctrl+Alt+5
Bottom Ctrl+Alt+6
Distribute Widths Ctrl+Alt+7
Distribute Heights Ctrl+Alt+9
Make Same Width Ctrl+Alt+Shift+7
Make Same Height Ctrl+Alt+Shift+9
Align to Stage Ctrl+Alt+8
Group Ctrl+G
Ungroup Ctrl+Shift+G
Text
Style
Bold Ctrl+Shift+B
Italic Ctrl+Shift+I
Faux Bold
Faux Italic
Subscript
Superscript
Align
Align Left Ctrl+Shift+L
Align Center Ctrl+Shift+C
Align Right Ctrl+Shift+R
Justify Ctrl+Shift+J
Letter Spacing
Increase Ctrl+Alt+Right
Decrease Ctrl+Alt+Left
Reset Ctrl+Alt+Up
Scrollable
Check Spelling...
Spelling Setup...
Font Embedding...
TLF Tab Ruler Ctrl+Shift+T
Ringkasan Materi Animasi 3 Dimensi
Animasi 3d adalah salah satu Kompetensi Dasar dari matapelajaran Tehnik Animasi dimana memiliki arti sebuah gambar yang bergerak yang menjadi sebuah video atau film, yang berbentuk 3dimensi yg memiliki panjang, lebar dan tinggi. dari 3 unsur tadi terjadilah bangun, Ruang dan Volume. Didalam sebuah objek 3d pasti ada sebuah koordinat seperti di animasi 2D ada sumbu "x" dan "y". sedangkan dalam animasi 3D ada tambahan satu 1 sumbu lagi yaitu Sumbu "Z". Lalu di atas memeiliki artian tersendiri yaitu
⦁ Sumbu X yaitu mengatur koordinat pada sumbu yang mengarahkan kekanan kiri
⦁ Sumbu Y yaitu mengatur koordinat pada sebuah sumbu yang mengarah kedepan kebelakang
⦁ Dan Sumbu Z yaitu mengatur koordinat pada sebuah sumbu yang mengarah kedepan dan kebelakang.
lalu ada Beberapa istilah di Animasi 3D yaitu :
⦁ Faces adalah permukaan dari setiap objek didalam blender
⦁ Verticles yaitu titik titik dari setiap objek didalam blender
⦁ Edge yaitu garis yg terhubung disetiap objek didalam blender
Aplikasi yang digunakan untuk membuat Animasi 3D yaitu ada 2
1. Blender 3d Foundation yaitu aplikasi membuat objek 3D. Aplikasi ini cukup simpel dan Juga tidak membayar atau gratis. Dengan Kecilnya spek dari app ini dapat digunakan pada komputer low spec (komputer kentang). Aplikasi ini sudah digunakan untuk kejurusan arsitek, otomotif, pembuatan animasi dll
2. 3D Studio Max (kadangkala disebut 3ds Max atau hanya MAX) adalah sebuah perangkat lunak grafik vektor 3-dimensi dan animasi, ditulis oleh Autodesk Media & Entertainment (dulunya dikenal sebagai Discreet and Kinetix.
Contoh Animasi 3 Dimensi Shorcut Di Blender
a.
⦁ View :
Drag Mouse tengah = Nenutar tampilan dengan dari berbagai sudut pandang
Numpad 4 = Camera berputar ke kiri
Numpad 6 = Camera berputar ke kanan
Numpad 8 = Camera berputar ke atas
Numpad 2 = Camera berputar ke bawah
Numpad 1 = Camera Tampilan Depan
Numpad 3 = Camera tampilan Kanan
Numpad 5 = Camera Menjadi Tampilan Prespektif atau Ortho
Numpad 0 = Camera Menjadi Tampilan Render
Ctrl + Numpad 3 = Camera Tampilan Kiri
Ctrl + NUmpad 1 = Camera Tampilan Belakang
Object Select :
Klik Kanan = Untuk menyeleksi Objek
Ctrl + Drag Mouse = Untuk menyeleksi garis dengan garis blok tersendiri
A = Select All atau Deselect All
B = Untuk Select Blok atau Border Select
Circle Select = Akan merubah select menjadi bulat seperti Brush
Shift + G = Untuk men groub object
Move Object :
G = Untuk menggeser Objek
G + X = Untuk Menggeser Objek dengan Sumbu X
G + Y = Untuk Menggeser Objek dengan Sumbu Y
G + Z = Untuk Menggeser Objek dengan Sumbu Z
Rotate Object :
R = Untuk Merotasi Sebuah Objek
R + X = Untuk Merotasi dengan Bersumbu di X
R + Y = Untuk Merotasi dengan Bersumbu di Y
R + Z = Untuk Merotasi dengan Bersumbu di Z
Scale Objek :
S = Merubah kuran objek secara proposional
S + X = Merubah kuran objek secara proposional ke arah sumbu X
S + Y = Merubah kuran objek secara proposional ke arah sumbu Y
S + Z = Merubah kuran objek secara proposional ke arah sumbu Z
Shorcut Lain Lain
Tab = Menjadi Edit Mode
Ctrl + R = Loop Cut and Slide
Scroll Mouse ( Saat mode Loop and Cut) = Menambahkan Segment
E = Menambahkan objek dengan gerakan dari sebuah faces
0 Komentar