Recents in Beach

header ads

RANGKUMAN ANIMASI 2D DAN 3D!!!!


Ringkasan Materi Animasi 2 Dimensi

Animasi adalah sekumpulan gambar yang dibuat agar menghasilkan sebuah gambar bergerak. Gambar tersebut disusun secara teratur agar mengikuti pergerakan dari gambar-gambar sebelumnya. Dalam 1 detik, biasanya membutuhkan 5 gambar untuk menghasilkan gambar bergerak yang jernih.

Pengertian animasi 2D adalah sebuah karya gambar bergerak yang memakai lingkungan dua dimensi. Setiap gambar ini memiliki urutannya tersendiri yang akhirnya membuat frame berlatar dua dimensi. Animasi 2D terdiri dari dua jenis:

1. Animasi Cel

Animasi cel diabil dari kata celluloid, yaitu bahan utama pembuatan animasi pada awal-awal tahun munculnya animasi. Animasi jenis ini merupakan gambar-gambar yang membantuk sebuah objek tunggal.

Setiap cel atau gambar ini memiliki objek yang terpisah-pisah, tapi tetap memakai satu latar belakang. Jadi, ketika gambar-gambar ini diputar secara bersamaan akan membuat sebuah animasi yang utuh.


2. Animasi Path

Animasi path merupakan animasi dari objek yang hanya memiliki gerakan mengikuti suatu garis yang telah ditentukan. Contoh dari animasi macam ini adalah animasi dengan objek sebuah kereta api yang bergerak hanya mengikuti lintasan relnya.

Biasanya dalam sebuah animasi path akan diberi ulangan animasi, sehingga animasi akan terus berulang-ulang sampai kondisi tertentu. Animasi jenis ini dihasilkan dengan cara teknik animasi path, yaitu teknik yang menggunakan layernya sendiri dan digambarkan menjadi suatu lintasan gerak objek.   


Contoh Animasi 2 Dimensi :
- Gravity Falls
 - Tsubasa
- Scobby doo By Doo
- Spongebob
- Onepiece
- Naruto
- Adventure Time

Prinsip 2D
A. Squash & Stretch
 Squash and strecth adalah upaya penambahan efek lentur (plastis) pada objek atau figur sehingga seolah-olah ‘memuai’ atau ‘menyusut’ sehingga memberikan efek gerak yang lebih hidup.
B. Anticipation
Anticipation boleh juga dianggap sebagai persiapan/awalan gerak atau ancang-ancang.

Stagging
C. Staging dalam animasi meliputi bagaimana ‘lingkungan’ dibuat untuk mendukung suasana atau ‘mood’ yang ingin dicapai dalam sebagian atau keseluruhan scene.


D. Straight Ahead Action and Pose to Pose
Dari sisi resource dan pengerjaan, ada dua cara yang bisa dilakukan untuk membuat animasi

E. Pose to Pose
 Pose to Pose, yaitu pembuatan animasi oleh seorang animator dengan cara menggambar hanya pada keyframe-keyframe tertentu saja, selanjutnya in-between atau interval antar keyframe digambar/dilanjutkan oleh asisten/animator lain.

F. Follow Through and Overlapping Action
Follow through adalah tentang bagian tubuh tertentu yang tetap bergerak meskipun seseorang telah berhenti bergerak.

G. Slow In and Slow Out
Slow In dan Slow Out menegaskan bahwa setiap gerakan memiliki percepatan dan perlambatan yang berbeda-beda. Slow in terjadi jika sebuah gerakan diawali secara lambat kemudian menjadi cepat. Slow out terjadi jika sebuah gerakan yang relatif cepat kemudian melambat.

H. Arcs
Pada animasi, sistem pergerakan tubuh pada manusia, binatang, atau makhluk hidup lainnya bergerak mengikuti pola/jalur (maya) yang disebut Arcs.


I. Secondary Action
Secondary action adalah gerakan-gerakan tambahan yang dimaksudkan untuk memperkuat gerakan utama supaya sebuah animasi tampak lebih realistik.

J. Timing & Spacing
Timing adalah tentang menentukan waktu kapan sebuah gerakan harus dilakukan, sementara spacing adalah tentang menentukan percepatan dan perlambatan dari bermacam-macam jenis gerak.

K. Exaggeration
Exaggeration merupakan upaya mendramatisir animasi dalam bentuk rekayasagambar yang bersifat hiperbolis.


Frame 




Tweening

Tweening adalah proses membuat sebuah animasi pergerakan dengan cara memberikan perubahan pada bentuk atau posisi objek dengan menentukan keyframe awal dan akhir sehingga dapat terbentuk frame-frame baru. Fungsi utama tweening adalah untuk menggerakkan objek dari satu titik ke titik lainnya.
Animasi motion tween digunakan apabila kita ingin membuat gerakan animasi yang teratur. Animasi ini sangat mengurangi waktu karena kita tidak perlu membuat animasi secara frame

ShortCut
Arrow V
Sub Select A
Lasso L
Line N
Pen P
Add Anchor Point =
Delete Anchor Point -
Convert Anchor Point C
Text T
Oval O
Rectangle R
Oval Primitive O
Rectangle Primitive R
Pencil Y
Brush B
Ink Bottle S
Paint Bucket K
Dropper I
Eraser E
Hand H
Magnifier Z
Free Transform Q
Fill Transform F
Object Drawing J
3D Translation Tool G
3D Rotation Tool W
Global Transform D
Deco Tool U
Spray Brush B
Bone Tool M
Bind Tool M

Debug Movie Commands
File
    New... Ctrl+N
    Open... Ctrl+O
    Browse in Bridge Ctrl+Alt+O
    Close Ctrl+W
    Close All Ctrl+Alt+W
    Exit Ctrl+Q
Edit
    Copy Ctrl+C
    Select All Ctrl+A
    Find... Ctrl+F
    Find Again F3
    Go to Line... Ctrl+G
    Preferences... Ctrl+U
    Keyboard Shortcuts...
View
    Hidden Characters Ctrl+Shift+8
    Word Wrap Ctrl+Shift+W
    Hide Panels F4
Debug
    Continue Alt+F5
    End Debug Session Alt+F12
    Step In Alt+F6
    Step Over Alt+F7
    Step Out Alt+F8
    Toggle Breakpoint Ctrl+B
    Remove All Breakpoints Ctrl+Shift+B
    Begin Remote Debug Session
        ActionScript 3.0
        ActionScript 2.0
Window
    Toolbars
        Main
        Controller
        Edit Bar
    Timeline Ctrl+Alt+T
    Tools Ctrl+F2
    Properties Ctrl+F3
    Library Ctrl+L, F11
    Common Libraries
        Buttons
        Classes
        Sounds
    Motion Presets
    Project Shift+F8
    Toolkit for CreateJS Shift+F9
    Actions F9
    Code Snippets
    Behaviors Shift+F3
    Compiler Errors Alt+F2
    Debug Panels
        Debug Console
        Variables
        ActionScript 2.0 Debugger Shift+F4
    Movie Explorer Alt+F3
    Output F2
    Align Ctrl+K
    Color Alt+Shift+F9
    Info Ctrl+I
    Swatches Ctrl+F9
    Transform Ctrl+T
    Components Ctrl+F7
    Component Inspector Shift+F7
    Other Panels
        Accessibility Alt+Shift+F11
        History Ctrl+F10
        Scene Shift+F2
        Strings Ctrl+F11
        Web Services Ctrl+Shift+F10
     
File
    New... Ctrl+N
    Open... Ctrl+O
    Browse in Bridge Ctrl+Alt+O
    Close Ctrl+W
    Close All Ctrl+Alt+W
    Save Ctrl+S
    Save As... Ctrl+Shift+S
    Save as Template...
    Check In...
    Save All
    Revert
    Import
        Import to Stage... Ctrl+R
        Import to Library...
        Open External Library... Ctrl+Shift+O
        Import Video...
    Export
        Export Image...
        Export Selection...
        Export Movie... Ctrl+Alt+Shift+S
        Export Document...
    Publish Settings... Ctrl+Shift+F12
    Publish Preview
        Default F12, Ctrl+F12
        Flash
        HTML
        GIF
        JPEG
        PNG
        Projector
    Publish Alt+Shift+F12
    AIR Settings...
    ActionScript Settings...
    File Info...
    Page Setup...
    Print... Ctrl+P
    Send...
    Exit Ctrl+Q
Edit
    Undo Ctrl+Z
    Redo Ctrl+Y
    Cut Ctrl+X
    Copy Ctrl+C
    Paste in Center Ctrl+V
    Paste in Place Ctrl+Shift+V
    Paste Special...
    Clear Backspace, Clear, Delete
    Duplicate Ctrl+D
    Select All Ctrl+A
    Deselect All Ctrl+Shift+A
    Find and Replace Ctrl+F
    Find Next F3
    Timeline
        Remove Frames Shift+F5
        Cut Frames Ctrl+Alt+X
        Copy Frames Ctrl+Alt+C
        Paste Frames Ctrl+Alt+V
        Clear Frames Alt+Backspace
        Select All Frames Ctrl+Alt+A
        Cut Layers
        Copy Layers
        Paste Layers
        Duplicate Layers
        Copy Motion
        Copy Motion as ActionScript 3.0...
        Paste Motion
        Paste Motion Special...
    Edit Symbols Ctrl+E
    Edit Selected
    Edit in Place
    Edit All
    Preferences... Ctrl+U
    Customize Tools Panel...
    Font Mapping...
    Keyboard Shortcuts...
View
    Go to
        First Home
        Previous Page Up
        Next Page Down
        Last End
    Zoom In Ctrl+=
    Zoom Out Ctrl+-
    Magnification
        Fit in Window
        25%
        50%
        100% Ctrl+1
        200%
        400% Ctrl+4
        800% Ctrl+8
        Show Frame Ctrl+2
        Show All Ctrl+3
    Preview Mode
        Outlines Ctrl+Alt+Shift+O
        Fast Ctrl+Alt+Shift+F
        Anti-Alias Ctrl+Alt+Shift+A
        Anti-Alias Text Ctrl+Alt+Shift+T
        Full
    Pasteboard Ctrl+Shift+W
    Rulers Ctrl+Alt+Shift+R
    Grid
        Show Grid Ctrl+'
        Edit Grid... Ctrl+Alt+G
    Guides
        Show Guides Ctrl+;
        Lock Guides Ctrl+Alt+;
        Edit Guides... Ctrl+Alt+Shift+G
        Clear Guides
    Snapping
        Snap Align
        Snap to Grid Ctrl+Shift+'
        Snap to Guides Ctrl+Shift+;
        Snap to Pixels
        Snap to Objects Ctrl+Shift+/
        Edit Snapping... Ctrl+/
    Hide Edges Ctrl+H
    Show Shape Hints Ctrl+Alt+H
    Show Tab Order
Insert
    New Symbol... Ctrl+F8
    Motion Tween
    Shape Tween
    Classic Tween
    Timeline
        Layer
        Layer Folder
        Frame F5
        Keyframe
        Blank Keyframe
    Scene
Modify
    Document... Ctrl+J
    Convert to Symbol... F8
    Convert to Bitmap
    Break Apart Ctrl+B
    Bitmap
        Swap Bitmap...
        Trace Bitmap...
    Symbol
        Swap Symbol...
        Duplicate Symbol...
    Shape
        Smooth
        Straighten
        Advanced Smooth... Ctrl+Alt+Shift+M
        Advanced Straighten... Ctrl+Alt+Shift+N
        Optimize... Ctrl+Alt+Shift+C
        Convert Lines to Fills
        Expand Fill...
        Soften Fill Edges...
        Add Shape Hint Ctrl+Shift+H
        Remove All Hints
    Combine Objects
        Delete Envelope
        Union
        Intersect
        Punch
        Crop
    Timeline
        Distribute to Layers Ctrl+Shift+D
        Layer Properties...
        Reverse Frames
        Synchronize Symbols
        Convert to Keyframes F6
        Clear Keyframe Shift+F6
        Convert to Blank Keyframes F7
        Split Motion
        Join Motions
    Transform
        Free Transform
        Distort
        Envelope
        Scale
        Rotate and Skew
        Scale and Rotate... Ctrl+Alt+S
        Rotate 90° CW Ctrl+Shift+9
        Rotate 90° CCW Ctrl+Shift+7
        Flip Vertical
        Flip Horizontal
        Remove Transform Ctrl+Shift+Z
    Arrange
        Bring to Front Ctrl+Shift+Up
        Bring Forward Ctrl+Up
        Send Backward Ctrl+Down
        Send to Back Ctrl+Shift+Down
        Lock Ctrl+Alt+L
        Unlock All Ctrl+Alt+Shift+L
    Align
        Left Ctrl+Alt+1
        Horizontal Center Ctrl+Alt+2
        Right Ctrl+Alt+3
        Top Ctrl+Alt+4
        Vertical Center Ctrl+Alt+5
        Bottom Ctrl+Alt+6
        Distribute Widths Ctrl+Alt+7
        Distribute Heights Ctrl+Alt+9
        Make Same Width Ctrl+Alt+Shift+7
        Make Same Height Ctrl+Alt+Shift+9
        Align to Stage Ctrl+Alt+8
    Group Ctrl+G
    Ungroup Ctrl+Shift+G
Text
    Style
        Bold Ctrl+Shift+B
        Italic Ctrl+Shift+I
        Faux Bold
        Faux Italic
        Subscript
        Superscript
    Align
        Align Left Ctrl+Shift+L
        Align Center Ctrl+Shift+C
        Align Right Ctrl+Shift+R
        Justify Ctrl+Shift+J
    Letter Spacing
        Increase Ctrl+Alt+Right
        Decrease Ctrl+Alt+Left
        Reset Ctrl+Alt+Up
    Scrollable
    Check Spelling...
    Spelling Setup...
    Font Embedding...
    TLF Tab Ruler Ctrl+Shift+T

Ringkasan Materi Animasi 3 Dimensi


Animasi 3d adalah salah satu Kompetensi Dasar dari matapelajaran Tehnik Animasi dimana memiliki arti sebuah gambar yang bergerak yang menjadi sebuah video atau film, yang berbentuk 3dimensi yg memiliki panjang, lebar dan tinggi. dari 3 unsur tadi terjadilah bangun, Ruang dan Volume. Didalam sebuah objek 3d pasti ada sebuah koordinat seperti di animasi 2D ada sumbu "x" dan "y". sedangkan dalam animasi 3D ada tambahan satu 1 sumbu lagi yaitu Sumbu "Z". Lalu di atas memeiliki artian tersendiri  yaitu

Sumbu X yaitu mengatur koordinat pada sumbu yang mengarahkan kekanan kiri
Sumbu Y yaitu mengatur koordinat pada sebuah sumbu yang mengarah kedepan kebelakang
Dan Sumbu Z yaitu mengatur koordinat pada sebuah sumbu yang mengarah kedepan dan kebelakang.


lalu ada Beberapa istilah di Animasi 3D yaitu :
Faces adalah permukaan dari setiap objek didalam blender
Verticles yaitu titik titik dari setiap objek didalam blender
Edge yaitu garis yg terhubung disetiap objek didalam blender


Aplikasi yang digunakan untuk membuat Animasi 3D yaitu ada 2
1. Blender 3d Foundation yaitu aplikasi membuat objek 3D. Aplikasi ini cukup simpel dan Juga tidak membayar atau gratis. Dengan Kecilnya spek dari app ini dapat digunakan pada komputer low spec (komputer kentang). Aplikasi ini sudah digunakan untuk kejurusan arsitek, otomotif, pembuatan animasi dll
2. 3D Studio Max (kadangkala disebut 3ds Max atau hanya MAX) adalah sebuah perangkat lunak grafik vektor 3-dimensi dan animasi, ditulis oleh Autodesk Media & Entertainment (dulunya dikenal sebagai Discreet and Kinetix.

Contoh Animasi 3 Dimensi Shorcut Di Blender 
a.
View :
Drag Mouse tengah = Nenutar tampilan dengan dari berbagai sudut pandang
Numpad 4 = Camera berputar ke kiri
Numpad 6 = Camera berputar ke kanan
Numpad 8 = Camera berputar ke atas
Numpad 2 = Camera berputar ke bawah
Numpad 1 = Camera Tampilan Depan
Numpad 3 = Camera tampilan Kanan
Numpad 5 = Camera Menjadi Tampilan Prespektif atau Ortho
Numpad 0 = Camera Menjadi Tampilan Render
Ctrl + Numpad 3 = Camera Tampilan Kiri
Ctrl + NUmpad 1 = Camera Tampilan Belakang

Object Select :
Klik Kanan = Untuk menyeleksi Objek
Ctrl + Drag Mouse = Untuk menyeleksi garis dengan garis blok tersendiri
A = Select All atau Deselect All
B = Untuk Select Blok atau Border Select
Circle Select = Akan merubah select menjadi bulat seperti Brush
Shift + G = Untuk men groub object

Move Object :
G =  Untuk menggeser Objek
G + X = Untuk Menggeser Objek dengan Sumbu X
G + Y = Untuk Menggeser Objek dengan Sumbu Y
G + Z = Untuk Menggeser Objek dengan Sumbu Z

Rotate Object :
R = Untuk Merotasi Sebuah Objek
R + X = Untuk Merotasi dengan Bersumbu di X
R + Y = Untuk Merotasi dengan Bersumbu di Y
R + Z = Untuk Merotasi dengan Bersumbu di Z

Scale Objek   :
S =  Merubah kuran objek secara proposional
S + X =  Merubah kuran objek secara proposional ke arah sumbu X
S + Y =  Merubah kuran objek secara proposional ke arah sumbu Y
S + Z =  Merubah kuran objek secara proposional ke arah sumbu Z


Shorcut Lain Lain
Tab = Menjadi Edit Mode
Ctrl + R = Loop Cut and Slide
Scroll Mouse ( Saat mode Loop and Cut) = Menambahkan Segment
E = Menambahkan objek dengan gerakan dari sebuah faces









Posting Komentar

0 Komentar